IT-Club Skiel 106. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Web Browser Kekurangan dan Kelebihannya



Jaman sekarang, Web browser itu udah banyak banget. Bahkan kita bingung mau pakai yang mana... Tapi tenang aja SobatIT,, Kita mau ngasih saran buat SobatIT yang lagi bingung mau pakai browser apa.. Tapi ngomong-ngomong soal Web Browser, Pada tau kan Web Browser itu apa? Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative. Fungsi Web Browser adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.


Nih Contoh Web Browser yang enak dipakai menurut KakakIT :

Opera
Opera Browser merupakan salah satu web browser yang cukup populer di kalangan pengguna internet di Indonesi dan di dunia. Opera browser merupakan web browser yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Opera, dan faktanya Opera Browser merupakan Browser yang memiliki rating tertinggi diantara browser lainnya. Browser opera ini merupakan browser terbaik dan telah menjadi favorite bagi para user.
Selain di dalam komputer dan juga desktop, kita juga megnenal web browser bernama opera mini dan juga opera mobile, yang merupakan versi simple dan juga sederhana dari sebuah Opera Browser untuk kepentingan smartphone dan juga handphone biasa. Di setiap browser pasti memiliki kelebihan dan kekurangan kan? Nih KakakIT Juga ngejelasin apa aja yang jadi kelebihan dan kekurangan Browser Opera

Kelebihan :
  • Resource memory yang kecil, sehingga ringan dan lebih cepat saat melakukan startup. Opera browser merupakan salah satu browser dengan resources yang sangat ringan. Mirip seperti google Chrome, Opera menawarkan pengalaman berinternet dengan proses startup yang cepat, serta konsumsi memory yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan beberapa jenis browser lainnya.
  • Memiliki kecepatan loading dan render cepat dibandingkan dengan browser lain. Salah satu keungguan yang dimilki oleh opera mini adalah kecepatan pengolahan situs, render dan loading yang cepat. Bisa dibandingkan dengan browser – browser lainnya, opera mini merupakan salah satu browser yang cepat, dan memiliki rating tertinggi dari segi utilitas dan fungsi dibandingkan dengan browser lainnya.
  • Memiliki fitur speed dial untuk website favorit. Tidak perlu repot repot untuk masuk ke dalam halaman situs favorit SobatIT. Opera Browser memiliki fitur speed dial. Fitur Speed dial ini akan menampilkan halaman – halaman situs dan website yang menjadi favorit SobatIT. SobatIT hanya tinggal mengklik halaman pada speed dial, dan opera akan menampilkan situs tersebut untuk SobatIT. sangat praktis dan sangat membantu bagi SobatIT yang sering berkunjung ke dalam sebuah situs.
  • Terdapat fitur restore session. Ketika Opera Browser SobatIT mengaami masalah, seperti crash dan hang, maka SobatIT tidak perlu khawatir situs yang SobatIT buka akan hilang. Opera Browser memiliki fitur Restore Session, yang akan menampilakn situs terakhir yang SobatIT kunjungi sebelum Opera Browser mengalami Crash.
  • Multi platform, bisa digunakan di hanphone apapun dalam bentuk opera mini dan juga opera mobile. Opera browser merupakan salah satu browser yang sangat legendaris. Dari jaman handphone yang tidak menggunakan OS, seperti handphone Nokia dan juga Sony Ericsson pada era 2000an, Opera sudah mendukung browser mobile dengan nama Opera mini dan Opera Mobile. Opera browser merupakan salah satu browser, dan mungkin satu satunya browser yang sangat ramah terhadap berbagai macam platform, mulai dari sistem operas pada desktop, smartphone, bahkan hingga handphone biasa yang tidak memiliki sistem operasi sama sekali.
   
Meskipun memiliki banyak kelebihan dan juga keunggulan, namun demikian, nyatanya Opera Browser juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan dari Opera Browser? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Opera Browser :
  • Tidak dapat melihat info halaman yang sedang diakses
  • Tidak dapat merubah shortcut key
  • Tidak dapat menghilangkan efek visual pada situs
  • Terkadang, apabila jumlah history dan juga bookmark terlalu banyak, menjadi agak sedikit lambat

 Google Chrome

Seperti yang kita ketahuiGoogle yang terkenal dengan Search Enginenya sudah memiliki sebuah aplikasi browser yang dinamakan CHROME. Ya SobatIT Pasti udah tau kan Browser ini. Jadi gak usah dijelasin lagi ya...

Kelebihan :

TAMPILAN : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.

MODUS PENYAMARAN : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Jangan Dipake yang Engga-Engga ya... Hehehe #IYKWIM.

APLIKASI WEB : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan underline ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.

PENGELOLAAN MEMORY : Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).

PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian. 

ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.

Kekurangan :
PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu �siapa mencari apa dan dimana�

LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.

CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker

EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya

Tidak ada komentar